Pengelolaan Fasilitas Objek Wisata Villa Danau Kembar

Usman, Ali (2016) Pengelolaan Fasilitas Objek Wisata Villa Danau Kembar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_ALI_USMAN_3667_3767_2016.pdf] Text
B1_04_ALI_USMAN_3667_3767_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil pengamatan peneliti mengenai pengelolaan fasilitas Objek Wisata Villa Danau Kembar permasalahan yang tampak yaitu belum tersedianya fasilitas parkir yang memadai bagi kendaraan pengunjung, tidak adanya petugas parkir yang akan mengatur kendaran tamu sehingga kendaran tamu diparkir disembarang tempat, sulitnya mendapatkan layanan makanan dimalam hari, fasilitas toilet yang ada di Objek Wisata Villa Danau Kembar tidak terurus dan jarang dibersihkan, kondisi jalan setapak yang ada disekitar villa jarang dibersihkan sehingga jalan ditumbuhi semak belukar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan fasilitas di Objek Wisata Villa Danau Kembar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualiatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara, adapun yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah karyawan bagian pemasaran, staf pengelola Objek Wisata Villa Danau Kembar. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa hal yang berkaitan dengan pengelolaan fasiitas Objek Wisata Villa Danau Kembar 1) Perencanaan pengelolaan parkir, toilet, restoran, dan jalan yang ada di sekitar Objek Wisata Villa Danau Kembar, saat ini belum ada perencanaan. Untuk kedepannya baru ada perencanaan pengelolaan fasilitas yang ada. 2) penggorganisasian fasilitas parkir, toilet, restoran dan jalan, hanya dilakukan diwaktu pengunjung ramai datang ke Objek Wisata Villa Danau Kembar. 3) Cara pengelola mengarahkan petugas parkir, toilet, restoran dan jalan yaitu dengan cara melibatkan semua petugas dalam rapat sebelum diadakan suatu acara atau sebelum hari-hari besar datang. 4) Cara pengendalian fasilitas parkir, toilet, restoran dan jalan. Parkir akan dikelola saat pegunjung ramai datang dan disaat hari-hari besar, toilet akan dibuka disaat pengunjung ramai, masyarakat yang mengontrak restoran akan mencari tenaga kerja keluar saat pengunjung ramai, pembersihan jalan akan dilakukan apabila ada instruksi dari Pemda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, saat ini di Objek Wisata Villa Danau Kembar belum ada ada perencanaan untuk mengelola fasilitas yang ada, sehingga fasilitas yang ada tidak bisa dikondisikan sebagaimana mestinya. Semua fasilitas yang ada akan di fungsikan saat pengunjung ramai datang ke Objek Wisata Villa Danau Kembar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Fasilitas, dan Objek Wisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 29 Apr 2025 05:14
Last Modified: 29 Apr 2025 05:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8931

Actions (login required)

View Item
View Item