Aswati, Ratna (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Menggunakan Strategi Know-Want To Know-Learned (KWL) di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 44 Padang Mardani Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RATNA_ASWATI_10655_3829_2012.pdf [thumbnail of B1_1_RATNA_ASWATI_10655_3829_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RATNA_ASWATI_10655_3829_2012.pdf
Download (112kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses keterampilanmembaca intensif siswa dengan menggunakan strategi KWL pada siswa kelas IIISekolah Dasar Negeri 44 Padang Mardani. Membaca merupakan salah satuketerampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa SD. Berdasarkan studipendahuluan diperoleh informasi bahwa kemampuan membaca intensif siswakelas III SD N Padang Mardani rendah. Penyebabnya adalah guru kurang efektifdalam memilih dan menerapkan strategi yang tepat dalam pembelajaran membacaintensif. Penggunaan strategi KWL merupakan salah satu strategi yang tepat untukmemberikan solusi yang tepat dalam pembelajaran membaca intensif.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan yangdilaksanakan dalam dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi: studipendahuluan, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Peneliti dalampenelitian ini bertindak sebagai guru atau praktisi dan berkolaborasi dengankolaborator. Instrumen pengumpulan data adalah lembaran observasi dan catatanlapangan. Data tersebut didukung dengan foto-foto dan hasil tes objektif siswa.Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Untuk menjaga keabsahan datadilakukan teknik triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi KWL dapatmeningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan membaca intensif.Penggunaan strategi KWL dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap prabaca,tahap saat baca, dan tahap pascabaca. Pada tahap prabaca pembelajarandifokuskan untuk melatih kemampuan siswa mengingat kembali pengalamanberkaitan dengan topik bacaan. Kegiatan siswa meliputi: mengungkapkanpengalaman dan menjawab pertanyaan.Pada tahap saat baca, pembelajaran difokuskan untuk meningkatkan prosesmembaca dengan memberikan kesempatan kepada siswa secara aktif memahamiisi bacaan. Kegiatannya meliputi: siswa membaca teks bacaan, membuatpertanyaan berkaitan teks, dan menjawab pertanyaan yang telah dibuatberdasarkan teks bacaan.Pada tahap pascabaca, pembelajaran difokuskan untuk meningkatkanpemahaman terhadap isi bacaan. Guru meminta siswa menjawab tes objektif yangberkaitan dengan isi bacaan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategiKWL dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEMBACA INTENSIF,STRATEGI KNOW-WANT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 02:58 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 02:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4170 |