Afrinaval, Govin (2019) Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_GOVIN_AFRINAVAL_6067_14053043_2019.pdf [thumbnail of B1_01_GOVIN_AFRINAVAL_6067_14053043_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_GOVIN_AFRINAVAL_6067_14053043_2019.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) Pengaruh Kebiasaan Belajar dan
Lingkungan Belajar secara bersama – sama (simultan) terhadap Prestasi Belajar, (2)
Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar, dan (3) Pengaruh Lingkungan
Belajar terhadap Prestasi Belajar. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran Praktikum
Akuntansi Jasa, Dagang dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan dan
Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi pada penelitian ini
sebanyak 106 orang. Penarikan Sampel ditentukan melalui rumus yang dikembangkan dari
Isaac dan Michael dengan total sampel sebanyak 85 orang dan menggunakan teknik simple
random sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer. Data yang telah
terkumpul tersebut lalu dianalisis secara deskriptif dan dianalisi secara statistik dengan
analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 20.0. Uji yang
digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis yang terdiri dari uji f, uji koefesien
determinasi (R
2
), dan uji t.
Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 69,838 + 0,608X1 + (–
0,382X2). Pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung = 12,711 dan Ftabel = 3,11
dengan taraf signifikansi 5% (0,000<0,05). Hasil Uji Koefesien Determinasi (R
) sebesar
0,237 atau 23,7%. Hasil Uji t untuk kebiasaan belajar diperoleh thitung = 4,971 dengan taraf
signiifikansi 5% (0,000<0.05) dan untuk lingkungan belajar diperoleh thitung = -2418 dengan
taraf signifikansi 5% (0,018<0,05). Hasil penelitian pada mata pelajaran Praktikum
Akuntansi Jasa, Dagang dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan dan
Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019 dapat disimpulkan bahwa
(1) Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama (Simultan)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar ,(2) Kebiasaan Belajar
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, dan (3) Lingkungan Belajar
berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 02:43 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 02:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9163 |