Hayati, Tanti (2015) Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Metode Wordwork bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV SD Negeri 10 Sungai Sapih Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_TANTI_HAYATI_1100290_3567_2015.pdf [thumbnail of B1_2_TANTI_HAYATI_1100290_3567_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_TANTI_HAYATI_1100290_3567_2015.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SD N 10 Sungai Sapih Padang. Seorang anak kelas IV yang mengalami kesulitan dalam membaca, terutama pada bacaan yang mengandung kata berimbuhan (awalan, akhiran, awalan-akhiran).Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan metode Wordworkmeningkatkan kemampuan membaca kata bagi anak berkesulitan belajar kelas IV di SD Negeri 10 Sungai Sapih Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan metode Single Subject Research ( SSR ), dengan desain A-B-A dan teknis analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan frekuensi. Pada kondisi baseline (A1) pengamatan dilakukan empat kali, mean level 11menyebutkan kata dasar, 9,5 membaca kata berimbuhan, pada kondisi intervensi (B) dilakukan 6 kali, mean level 16,8 menyebutkan kata dasar, 17,8 membaca kata berimbuhan, dan kondisi baseline (A2) dilakukan tiga kali, mean level19 menyebutkan kata dasar, 20 dalam membaca kata berimbuhan. Hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecendrungan arah, kecendrungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan kemampuan dalam membaca kata. Overlap data pada analisis antar kondisi padabaseline (A1) dan intervensi (B) adalah 0% membaca kata berimbuhan dan menyebutkan kata dasar, dan overlap data pada fase baseline (A2) dan intervensi (B) adalah 66,7%membaca kata berimbuhan dan menyebutkan kata dasar, menunjukkan semakin kecil persentase overlapemaka semakin baik pengaruh intervensi terhadap perubahan target behavior dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis data tersebut, menunjukkan bahwa metode Wordwork mampu meningkatkan kemampuan membaca kata bagi siswa kesulitan belajar Kelas IV SD Negeri 10 Sungai Sapih Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Wordwork, Kemampuan Membaca Kata, Anak Berkesulitan Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:14 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8535 |