Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Negeri 37 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.

Sari, Yetna (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Negeri 37 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_YETNA_SARI_93726_1470_2012.pdf] Text
B1_6_YETNA_SARI_93726_1470_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan penulis dilapangan bahwa pembelajaran IPA yangdilaksanakan di Kelas IV SD Negeri 37 Sungai Limau belum optimal karena guruhanya memberikan hafalan berupa konsep dan belum sepenuhnya melibatkansiswa secara aktif mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian inibertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAdengan menggunakan metode eksperimen di Kelas IV SD Negeri 37 SungaiLimau Kabupaten Padang Pariaman tahun ajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkahlangkah yang digunakan kualitatif dan kuantitatif dengan dua siklus empattindakan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjekpenelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 37 Sungai Limau Kabupaten PadangPariaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi,wawancara dan catatan lapangan. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar,lembar observasi dan lembar pencatatan lapangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran siklus Iadalah 72,5% sedangkan pada siklus II 87%. Pelaksanaan pembelajaran aspekguru siklus I 69% sedangkan pada siklus II 81,5%. Pelaksanaan pembelajaranaspek siswa siklus I 65,5% sedangkan siklus II 82%. Peningkatan hasil belajarsiswa dapat dilihat pada : (1) rata-rata skor aspek kognitif pada siklus I 61%sedangkan pada siklus II 88%, (2) rata-rata skor aspek afektif pada siklus I 67,5%sedangkan siklus II 81%, (3) rata-rata aspek psikomotor pada siklus I 65,5%sedangkan siklus II 80%. Dari hasil penelitian dalam pembelajaran IPA di SDNegeri 37 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman dengan menggunakanmetode eksperimen di Kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:56
Last Modified: 28 Apr 2025 02:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8395

Actions (login required)

View Item
View Item