Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK KARTIKA 1-2 Padang: Study Mata Pelajaran Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Pada Saat Daring

Fitri, Fitri (2022) Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK KARTIKA 1-2 Padang: Study Mata Pelajaran Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Pada Saat Daring. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FITRI_17053012_2151_2022.pdf] Text
B1_01_FITRI_17053012_2151_2022.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan aplikasi
google classroom dan kelebihan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar
siswa mata pelajaran jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK
Kartika 1-2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
menggunakan metode kuantitatif. Populasi peneliti adalah siswa jurusan
Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran kelas X,XI dan XII yang ada di SMK
Kartika 1-2 Padang. penetapan jumlah sampel mengunakan teknik total sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 90 sampel. Jenis data primer yang diperoleh
melalui penyebaran kuesioner/angket dalam bentuk google form siswa/siswi
jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran kelas X,XI dan XII yang ada di
SMK Kartika 1-2 Padang kriteria yang sudah ditetapkan. Metode analisis yang
digunakan adalah analisis linier berganda dengan menggunakan SPSS 21. Hasil
penelitian menunjukan bahwa (1) pemanfataan aplikasi google classroom dan
kelebihan aplikasi google classroom secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap hasil belajar siswa,(2) pemanfataan aplikasi google classroom
berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa,(3) kelebihan
aplikasi google classroom berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil
belajar siswa. Pengaruh pemanfaatan dan kelebihan aplikasi google classroom
terhadap hasil belajar siswa Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di
SMK Kartika 1-2 Padang memiliki Kontribusi sebesar 24%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 26 Apr 2025 01:10
Last Modified: 26 Apr 2025 01:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8332

Actions (login required)

View Item
View Item