Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran PAUD Berbasis Perkembangan Anak

Aryani, Nini (2020) Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran PAUD Berbasis Perkembangan Anak. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_NINI_ARYANI_16169045 _1754_2020.pdf] Text
B1_08_NINI_ARYANI_16169045 _1754_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran paling sering dikatikan dengan
mutu pendidikan karena dalam menghasilkan pendidikan yang bermutu terletak pada
kesuksesan dalam pengelolaan atau manajemen pendidikannya. dalam
pengimplementasian model manajemen pembelajaran belum sepenuhnya dapat
dilaksanakan oleh guru, sehingga pelaksanaan pembelajaran yang ada belum
sepenuhnya pula dapat menstimulasi aspek perkembangan anak. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan model manajemen pembelajaran PAUD yang
berorientasi pada perkembangan anak.
Pengembangan model manajemen pembelajaran PAUD berbasis
perkembangan anak menggunakan model ADDIE (analyze, design, develop,
impelemnt and evaluate). Lembar observasi dan angket merupakan instrument dalam
mengumpulkan data penelitian. Produk telah divalidasi oleh pakar dan diuji cobakan
pada TK. ABA 2 Sukajadi Pekanbaru, TK. IT. AL Mahirah Rumbai Pekanbaru dan
TK. Khalifah Pekanbaru yang telah menerapkan pembelajaran sentra. Adapun data
kuantitatif diperoleh melalui angket. Data kualitatif diperoleh melaui lembar
observasi, tanggapan dan saran perbaikan yang telah diberikan secara tertulis. Untuk
praktikalitas model manajemen pembelajaran PAUD berbasis perkembangan anak
ditentukan berdasarkan keterlaksanaan dan kelayakan produk serta respon guru. Uji
coba terbatas dilaksanakan di TK. ABA 2 Sukajadi Pekanbaru. Uji coba diperluas
dilakukan di TK. IT. Al Mahira dan TK. Khalifah Pekanbaru. Data validitas,
praktikalitas serta efektifitas yang kemudian dianalisis.
Dari hasil penelitian diperoleh suatu model manajemen pembelajaran PAUD
berbasis perkembangan anak yang disingkat dengan model MPPaud-BPA. Temuan
penelitian bahwa model ini dapat memberikan pemahaman kepada guru terkait
dalam pengelolaan pembelajaran berbasis perkembangan anak serta dapat
meningkatkan perkembangan anak. Oleh karena itu berdasarkan temuan ini kepada
para guru PAUD dan calon guru dapat menggunakan produk ini.

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Manajemen Pembelajaran Perkembangan Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:38
Last Modified: 25 Apr 2025 02:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7985

Actions (login required)

View Item
View Item