Putri, Jamaika Dwi (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 01 VII Koto Talago Kabupaten 50 Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_JAMAIKA_DWI_PUTRI_17129146_218_2022.pdf [thumbnail of B1_03_JAMAIKA_DWI_PUTRI_17129146_218_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_JAMAIKA_DWI_PUTRI_17129146_218_2022.pdf
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan: kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru dan guru belum melibatkan siswa secara aktif alam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 01 VII Koto Talago Kabupaten 50 Kota. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 VII Koto Talago Kabupaten 50 Kota yang berjumlah 19 orang, terdiri dari orang 11 laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada:1) Perencanaan pembelajaran Siklus I dengan rata-rata 80,6% (B) dan siklus II dengan rata-rata 97,2% (A). 2) Pelaksanaan pada aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 79,2 % (B) dan siklus II dengan rata-rata 94,5% (A), serat pada aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 76,2% (B) dan siklus II dengan rta-rata 94,5% (A). 3) Hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata 73,4 (C) dan siklus II dengan rata-rata 88,8 (B). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan di atas dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Tematik, Numbered head Together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 08:16 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 08:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7880 |