Pengaruh Interaksi Edukatif dan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Bukittinggi.

Losari Amri, Geny (2016) Pengaruh Interaksi Edukatif dan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Pendidikan Ekonomi.

[thumbnail of B1_01_GENY_LOSARI_AMRI_56383_2016.pdf] Text
B1_01_GENY_LOSARI_AMRI_56383_2016.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh interaksi edukatif terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. (3) Pengaruh interaksi edukatif dan kesiapan belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa,Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X, XI IPS, dan XII IPS di SMA Negeri 4 Bukittinggi Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 698 orang, jumlah sampel 254 orang dengan menggunakan rumus Slovin, sedangkan teknik pengumpulan sampel dilakukan secara Proportional Random Sampling. Data yang digunakan adalah data primer berupa angket untuk variabel interaksi edukatif dan kesiapan belajar siswa, dan juga data sekunder yang merupakan hasil belajar siswa yaitu nilai UTS siswa Tahun Ajaran 2015/2016. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis induktif (inferensial), yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji multikolinearitas dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda, uji F, koefisien determinasi dan uji t dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi edukatif terhadap hasil belajar siswa nilai signifikannya sebesar 0,004 < α=0,05 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa nilai signifikannya sebesar 0,037 < α=0,05 (3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara interaksi edukatif dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. TCR variabel interaksi edukatif (X1) sebesar 72,9% dan TCR variabel kesiapan belajar (X2) sebesar 74,96%. Untuk itu bagi guru, diharapkan sebagai pembimbing lebih dapat memberikan motivasi kepada siswa seperti memberikan kata-kata motivasi, bersikap ramah, sabar dan penuh pengertian, agar aktivitas siswa dalam belajar pun meningkat. Dan juga bagi siswa hendaknya mengulangi pelajaran yang diberikan oleh guru dirumah agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru. Selain itu hendaknya siswa berada dalam kondisi siap untuk memulai pelajaran baik dari segi fisik, psikis maupun materil.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukatif, Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 05 Feb 2025 05:13
Last Modified: 05 Feb 2025 05:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item
View Item