Pengaruh Pembelajaran Bermedia VCD dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V SD Negeri 001 Minas Barat Kecamatan Minas

Nilmasda, Nilmasda (2012) Pengaruh Pembelajaran Bermedia VCD dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V SD Negeri 001 Minas Barat Kecamatan Minas. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NILMASDA_92582_3782_2012.pdf] Text
B1_1_NILMASDA_92582_3782_2012.pdf

Download (101kB)

Abstract

Pelajaran sains sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan, keberadaan
sains sangat diperlukan dalam perkembangan ilmu pengetahuan lainnya. Akan
tetapi, kenyataan memperlihatkan bahwa kemampuan siswa dalam bidang sains
sangat rendah dan salah satu faktor penyebabnya adalah tidak tepatnya strategi
yang digunakan guru dalam pembelajaran. Pembelajaran sains yang biasa
dilakukan oleh guru, pada umumnya kurang interaktif, monoton, kaku, dan
membosankan bagi siswa, sehingga membuat hasil belajar kimia siswa menjadi
rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran
bermedia VCD terhadap hasil belajar Sains siswa kelas V SD Negeri 001 Minas
Barat Kecamatan Minas. Penelitian ini menerapkan metode quasi eksperimen
dengan rancangan 2 x 2, jumlah sampel 64 orang siswa yang tersebar kedalam 2
kelas. Data hasil belajar diperoleh melalui tes yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji-t dan ANAVA, dan untuk melihat
ada tidaknya interaksi antara tes awal dan hasil belajar sains siswa digunakan
grafik interaksi.
Hasil analisis data mengungkapkan bahwa : (1) Hasil belajar sains siswa
yang diajar dengan pembelajaran bermedia VCD lebih tinggi dari hasil belajar
siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (2) Hasil belajar siswa
yang pengetahuan awalnya tinggi yang diajar dengan pembelajaran bermedia
VCD lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelompok tinggi yang diajar dengan
pembelajaran konvensional ; (3) Hasil belajar siswa yang memiliki pengetahuan
awal rendah yang diajar dengan pembelajaran bermedia VCD lebih tinggi dari
hasil belajar siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang diajar dengan
pembelajaran konvensional, (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran
bermedia dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar sains siswa kelas V SD
Negeri 001 Minas Barat Kecamatan Minas.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:05
Last Modified: 21 Apr 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6454

Actions (login required)

View Item
View Item