Kualitas Soal Ujian Tengah Semester Buatan Guru Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 3 Pariaman Tahun 2016/2017

Wiradhika, Ana (2017) Kualitas Soal Ujian Tengah Semester Buatan Guru Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 3 Pariaman Tahun 2016/2017. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ANA_WIRADHIKA_1305966_5101_2017.pdf] Text
B1_01_ANA_WIRADHIKA_1305966_5101_2017.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir Soal Ujian Tengah
Semester Buatan Guru Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 3
Pariaman Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif. Soal yang di teliti terdiri dari 30 butir soal yang terdiri dari 2 paket
yaitu paket A dan B. Soal tersebut dianalisis berdasarkan validitas, reabilitas, daya
pembeda, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh. Subjek dalam penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 3 Pariaman yang terdiri dari 9 kelas
dengan jumlah 309 orang dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Data tersebut
dianalisis menggunakan metode analisis butir soal secara manual dengan bantuan
Microsoft Excel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Kualitas butir soal pada paket
A 1 soal (3,3%) berkualitas, 14 soal (46,6%) kurang berkualitas dan 15 soal (50%)
tidak berkualitas untuk paket B 1 soal (3,3%) berkualitas 17 soal (56,6%) kurang
berkualitas dan 12 soal (40%) tidak berkualitas. (2) Ditinjau dari segi validitas,
soal valid pada paket A berjumlah 3 soal (10%) dan soal tidak valid berjumlah 27
soal (90%), sedangkan untuk soal valid pada paket B berjumlah 13 soal (43%) dan
soal tidak valid berjumlah 17 soal (57%). (3) Ditinjau dari segi reabilitas, soal
paket A memiliki tingkat reabilitas tinggi yaitu sebesar 0,97 sama halnya dengan
soal paket B juga memiliki tingkat reabilitas tinggi yaitu sebesar 0,98. (4) Ditinjau
dari daya pembeda, pada soal paket A, 14 soal (46%) termasuk kategori lemah
dan 16 soal (54%) termasuk kategori cukup, sedangkan untuk paket B, 14 soal
(46%) termasuk kategori lemah, 14 soal (46%) termasuk kategori cukup dan 2
soal (8%) termasuk kategori baik. (5) Ditinjau dari tingkat kesukaran, pada soal
paket A, 11 soal (36,6%) termasuk kategori sukar, 18 soal (60%) termasuk
kategori sedang dan 1 soal (3,3%) termasuk kategori mudah, sedangkan untuk
paket B, 11 soal (36,6%) termasuk kategori sukar, 14 soal (46,6%) termasuk
kategori sedang dan 5 soal (16,6%) termasuk kategori mudah. (6) Ditinjau dari
efektivitas pengecoh, pada soal paket A, 8 soal (26,6%) termasuk kategori cukup
dan 22 soal (73,3%) termasuk kategori jelek, sedangkan untuk paket B, 4 soal
(13,3%) termasuk kategori cukup dan 26 soal (86,6%) termasuk kategori jelek.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Soal Ujian
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:35
Last Modified: 17 Apr 2025 08:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6092

Actions (login required)

View Item
View Item