Haryani, Mutia (2013) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang dengan Pendekatan Relalistic Mathematics Education di Kelas V SD Negeri 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MUTIA_HARYANI_1104226_1708_2013.pdf [thumbnail of B1_1_MUTIA_HARYANI_1104226_1708_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MUTIA_HARYANI_1104226_1708_2013.pdf
Download (494kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar
siswa dalam materi volume bangun ruang. Hal ini terlihat pada nilai harian siswa
yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga
pembelajaran volume bangun ruang belum berjalan sebagaimana yang
diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perencanaan, pelaksanaan
peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang dengan
Pendekatan Realistic Mathematics Education. Subjek penelitian adalah siswa
kelas V SD Negeri 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang yang
berjumlah 26 orang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua
siklus yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas Va. Setiap siklus
terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan
dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester
I tahun ajaran 2012/2013 di SD Negeri 29 Ganting Utara Kecamatan Padang
Timur Kota Padang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi,
wawancara, catatan lapangan, video, dokumentasi dan hasil tes.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan
Realistic mathematics Education dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
volume bangun Ruang di kelas V SD Negeri 29 Ganting Utara Kecamatan Padang
Timur Kota Padang. Hal ini terlihat dari aktivitas oral, motor, mental, listening,
dan drawing mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal yang sama juga
terlihat pada hasil belajar siswa yaitu: (1) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif
terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 67,3 pada siklus I menjadi 82,6 pada siklus
II, (2) Ranah afektif pada siklus I pertemuan 1, 2, 3 yaitu: 70,03; 74,12; 76,04.
Pada siklus II pertemuan 1, 2, 3 yaitu: 79,31; 82,27; 86,50. (3) Ranah psikomotor
pada siklus I pertemuan 1, 2, 3 yaitu: 72,00; 75,00; 77,00. Pada siklus II
pertemuan 1, 2, 3 yaitu: 80,00; 85,80; 87,00. Melihat hasil penelitian ini, maka
penelitian tindakan kelas dalam penggunaan pendekatan Realistic Mathematics
Education (RME) pada pembelajaran matematika perlu diterapkan dan
dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan
datang
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:59 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 02:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5915 |