Santika, Mira (2020) Pengembangan Desain Pembelajaran Menggunakan Model ASSURE Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 3 Makanan Sehat Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MIRA_SANTIKA_MIRA_SANTIKA_18124031_1293_2020.pdf [thumbnail of B1_1_MIRA_SANTIKA_MIRA_SANTIKA_18124031_1293_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MIRA_SANTIKA_MIRA_SANTIKA_18124031_1293_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini menghasilkan desain pembelajaran tematik terpadu pada
tema 3 kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model ASSURE yang terdiri
beberapa tahap yaitu: (1) analyze learner characteristics, (2) state objective, (3)
select metohod, media and learning materials, (4) utilize materials, (5) require
learner participation, (6) evaluation and revisi.
Desain pembelajaran yang dihasilkan divalidasi oleh pakar ahli.
Kevalidan isi desain pembelajaran terdapat pada tahap select method, media and
materi. Uji coba dilakukan pada tahap utilize materials kepada peserta didik.
Hasil pratikalitas terdapat pada keterlaksanaan RPP dan require learner
participation.. Efektivitas dilakukan pada tahap evaluation yang dilihat dari hasil
belajar peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kevalidan isi RPP memperoleh
persentase 86% dalam kategori sangat valid. Praktikalitas desain pembelajaran
dalam keterlaksanaan RPP memperoleh persentase keseluruhan yaitu 81%.
Angket respon guru memperoleh persentase 92,5%. Angket respon peserta didik
memperoleh persentase 88%. Hasil efektivitas belajar peserta didik dilihat pada
hasil belajar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil desain
pembelajaran dinyatakan valid dan praktis
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 04:34 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 04:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5459 |