Yulianti, Ditria (2019) Pengembangan Local Instructional Theory (LIT) Topik KPK dan FPB Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education di Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DITRIA_YULIANTI_17124083_677_2019.pdf [thumbnail of B1_1_DITRIA_YULIANTI_17124083_677_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DITRIA_YULIANTI_17124083_677_2019.pdf
Download (958kB)
Abstract
Pembelajaran KPK dan FPB di Sekolah Dasar cenderung disajikan secara
konvensional dan mekanistik, sehingga siswa mempelajari konseo secara kurang
bermakna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Local Instructional Theory
(LIT) KPK dan FPB berbasis RME untuk memberi pemahaman tentang materi
KPK dan FPB serta mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
(development research approach) tipe Gravemeijer dan Cobb yang terdiri dari
tiga fase yaitu preparing for the experiment, experimenting in the classroom, dan
conducting retrospective analyses. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas V SDN 05 Air Tawar Barat, SDN 09 Air Tawar Barat, dan SDN 026
Air Tawar Timur. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, wawancara,
observasi,dan catatan lapangan. Data dianalsiis secara deskriptif.
Penelitian ini menghasilkan LIT untuk topik KPK dan FPB dengan
pendekatan RME yang dikembangkan berupa alur belajar yang memuat tujuan
pembelajaran,
aktivitas
dan
prediksi
jawaban peserta didik yang
diimplementasikan melalui RPP dan LKS. Dari penelitian ini telah dihasilkan LIT
yang valid sesuai dengan prinsip dan karakteristik RME, Praktis dengan kriteria
sangat praktis yaitu dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang
diperlukan dan efektif berdasarkan hasil tes kemampuan penalaran matematis
siswa yaitu kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan LIT lebih tinggi
disbanding siswa menggunakan pembelajaran secara konvensional. Desain ini
memuat hasil berupa LIT untuk pembelajaran KPK dan FPB, yaitu: menemukan
kelipatan dan kelipatan persekutuan, menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan KPK, menemukan faktor dan faktor persekutuan dan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan FPB.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 04:34 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 04:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5455 |