Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Bangun Ruang dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV.B SDN 53 Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang

Ayu, Dwi Hadita (2015) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Bangun Ruang dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV.B SDN 53 Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DWI_HADITA_AYU_1203977_1735_2015.pdf] Text
B1_1_DWI_HADITA_AYU_1203977_1735_2015.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa
dalam materi Jaring-jaring Bangun Ruang. Hal ini terlihat pada nilai harian siswa yang
berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal sehingga pembelajaran Bangun Ruang
belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk
menjelaskan perencanaan, pelaksanaan peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Jaring
jaring Bangun Ruang dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL).
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV.B SDN 53 Kuranji Kecamatan Kuranji Kota
Padang yang berjumlah 25 orang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif
dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yang
dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas IV.B. Setiap siklus terdiri atas kegiatan
perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi pada masing
masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2013/2014 di
SDN 53 Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang. Data penelitian ini dikumpulkan
melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, video, dokumentasi dan hasil tes.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan CTL
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bangun Ruang di kelas IV.B SDN 53
Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang. Hal ini terlihat dari aktivitas oral, motor,
mental, dan drawing mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal yang sama
juga terlihat pada hasil belajar siswa yaitu: (1) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I
69,2 dan pada siklus II menjadi 91,6. Melihat hasil penelitian ini, maka penelitian
tindakan kelas dalam penggunaan pendekatan CTL pada pembelajaran matematika
perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di
masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 01:11
Last Modified: 14 Apr 2025 01:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5421

Actions (login required)

View Item
View Item