Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Pinahasti, Ameta Cita (2018) Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_AMETA_CITA_PINAHASTI_16197_2385_2018.pdf] Text
B1_01_AMETA_CITA_PINAHASTI_16197_2385_2018.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan salah satu masalah yang selalu menjadi topik utama dalam bidang pendidikan yaitu masalah prestasi belajar beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya, dengan pertimbangan bahwa prestasi belajar merupakan indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang dikuasai oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa faktor-faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar seperti kemampuan komunikasi interpersonal, motivasi belajar dan pemanfaatan perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tahun masuk 2013-2015 jurusan pendidikan ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang yang terdaftar pada tahun akademik juli - desember 2017 yang berjumlah 256 orang, jumlah sampel 72 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Proportional Random Sampling. Angket digunakan sebagai alat pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Untuk menguji hipotesis digunakan uji F dan uji t, dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal, motivasi belajar dan pemanfaatan perpustakaansecara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi mahasiswa untuk lebih meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal, motivasi belajardan pemanfaatan perpustakaan yang lebih baik lagi dalam belajar agar mendapatkan prestasi yang lebih optimal. Bagi Dosen diharapkan untuk lebih memperhatikan kondisi mahasiswa dalam belajar dan bagi orangtua diharapkan untuk memperhatikan perkembangan anaknya sehingga dapat memberikan dorongan kepada mahasiswa agar tetap bersemangat dalam belajar supaya mendapatkan prestasi belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 11 Apr 2025 07:25
Last Modified: 11 Apr 2025 07:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5327

Actions (login required)

View Item
View Item