Pengembangan Program Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Novalia, Melly (2011) Pengembangan Program Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MELLY_NOVALIA_52903_3680_2012.pdf] Text
B1_1_MELLY_NOVALIA_52903_3680_2012.pdf

Download (92kB)

Abstract

Dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa bahasa Inggris merupakan
bahasa pengantar yang dilakukan dalam proses pembelajaran di SD Negeri 001
Lima Puluh Pekanbaru, maka mata pelajaran Bahasa Inggris penting diajarkan
khususnya pada siswa kelas I SD. Berdasarkan observasi dan wawancara penulis
dengan guru Bahasa Inggris di SD Negeri 001 Lima Puluh Pekanbaru, bahwa
media yang digunakan guru dalam pembelajaran tersebut, kurang bervariasi dan
pada umumnya belum berbasis TIK. Disamping itu, hasil belajar bahasa Inggris
siswa rendah dan sebagian siswa kurang meminati mata pelajaran ini.
Berdasarkan permasalahan itu, dilakukan upaya penelitian yang bertujuan untuk
menghasilkan sebuah media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk
pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan program powerpoint
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan
model Dick & Carey. Model ini terdiri dari analisis kebutuhan, analisis pebelajar,
konteks dan pembelajaran, merumuskan tujuan, mengembangkan instrumen,
mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan bahan ajar, merancang
dan melakukan evaluasi formatif. Untuk melihat apakah media yang dihasilkan
valid, praktis dan efektif, peneliti melakukan uji validitas oleh ahli atau pakar dan
uji coba terbatas untuk melihat aktivitas dan hasil belajar siswa. Penilaian
validitas presentasi powerpoint yang dikembangkan, dilakukan oleh dua orang
validator yaitu validator isi dan validator konstruk. Validator ahli terdiri dari dua
orang dosen UNP. Media diujicobakan pada dua kelas di SD Negeri 001 Lima
Puluh Pekanbaru, dengan jumlah siswa 28 orang per kelas. Data praktikalitas
diperoleh dari angket yang diisi oleh praktisi, sedangkan data efektifitas diperoleh
dari hasil tes belajar dan observasi terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentasi powerpoint dilihat dari
aspek konten atau isi sudah sangat valid, begitu pula dengan aspek tampilan dan
kemudahan penggunaan dikategorikan valid. Berdasarkan uji coba yang
dilakukan, dapat dinyatakan bahwa praktikalitas media sudah praktis. Dari segi
efektifitasnya, media yang dihasilkan dinilai efektif untuk meningkatkan hasil
belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2025 02:06
Last Modified: 27 Mar 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5002

Actions (login required)

View Item
View Item