Kontribusi Efikasi Diri dan Konsep Diri terhadap Kesiapan Arah Karir Mahasiswa Berlatar Belakang Pendidikan Sekolah Umum dan Agama serta Implikasinya pada Bimbingan dan Konseling (Studi pada Mahasiswa STIT Syekh Burhanuddin Pariaman)

Alfaiz, Alfaiz (2013) Kontribusi Efikasi Diri dan Konsep Diri terhadap Kesiapan Arah Karir Mahasiswa Berlatar Belakang Pendidikan Sekolah Umum dan Agama serta Implikasinya pada Bimbingan dan Konseling (Studi pada Mahasiswa STIT Syekh Burhanuddin Pariaman). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ALFAIZ_19105_1141_2013.pdf] Text
B1_1_ALFAIZ_19105_1141_2013.pdf

Download (716kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan observasi awal di STIT Syekh Burhanuddin
Pariaman bahwasanya mahasiswa di sana berasal dari lulusan sekolah menengah
atas yang berbeda, yang terdiri dari lulusan sekolah umum dan sekolah agama,
dan tentu saja setiap mahasiswa tersebut memiliki perbedaan kapabilitas dan
persepsi diri mengenai kesiapan karir mereka dan cara untuk mencapainya.
Kenyataannya di lapangan mereka tidak memiliki orientasi yang jelas tentang
kapabilitas, persepsi diri, kepribadian, sosial, belajar dan karir dengan arah karir
mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan
efikasi diri, konsep diri dan kesiapan arah karir serta juga mendeskripsikan
pengaruh efikasi diri, konsep diri terhadap kesiapan arah karir antara mahasiswa
yang berbeda latar belakang pendidikan secara sendiri dan juga mendeskripsikan
kontribusi efikasi diri dan konsep diri terhadap kesiapan arah karir secara
bersamaan.
Populasi penelitian ini sebanyak 780 orang terdiri dari 480 orang SU dan
300 orang SA. Sampel penelitian diambil dengan metode stratified random
sampling sehingga dibagi menjadi 218 orang SU dan 171 SA. Data dikumpulkan
dengan instrumen menggunakan skala Likert dan skala efikasi diri dari Bandura,
yang dianalisis dengan teknik Uji Beda Independent Sample t tes dan Analisis
Regresi Berganda.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. efikasi diri antara mahasiswa yang
berbeda latar belakang pendidikan SU dan SA perbedaannya tidak signifikan. 2.
konsep diri antara mahasiswa berbeda latar belakang pendidikan SU dan SA
perbedaannya tidak signifikan. 3. terdapat perbedaan yang signifikan dalam
kesiapan arah karir. 4. efikasi diri bisa menjadi prediktor terhadap kesiapan arah
karir mahasiswa SU. 5. konsep diri tidak bisa menjadi prediktor terhadap kesiapan
arah karir mahasiswa SU. 6. efikasi diri dan konsep diri secara bersama memiliki
kontribusi terhadap kesiapan arah karir mahasiswa SU. 7. efikasi diri tidak bisa
menjadi prediktor secara positif terhadap kesiapan arah karir mahasiswa SA. 8.
konsep diri bisa menjadi prediktor secara positif terhadap kesiapan arah karir
mahasiswa SA. 9. secara bersama efikasi diri dan konsep diri memiliki kontribusi
terhadap kesiapan arah karir mahasiswa SA.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 Mar 2025 02:16
Last Modified: 26 Mar 2025 02:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4804

Actions (login required)

View Item
View Item