Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Arita, Sri (2022) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_DEVI_CAHYANI_17053009_5014_2022.pdf] Text
B1_01_DEVI_CAHYANI_17053009_5014_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Faktor yang mempengaruhi minat baca terdiri dari faktor internal (motivasi dan kematangan emosional) dan faktor eksternal (lingkungan keluarga, lingkungan kampus, dan teknologi informasi).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang tahun masuk 2018-2020 sebanyak 1754. Sampel diambil menggunakan rumus slovin, sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan secara propotional stratified random sampling dengan total 325 mahasiswa. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Padang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis faktor dengan menggunakan SPSS. Hasil akhir menunjukkan bahwa nilai Kaiser Meyer Olkin (KMO) berada dalam kategori memuaskan dan sudah memadai untuk dianalisis lebih lanjut. Terkonfirmasi 4 faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Padang diantaranya yaitu faktor motivasi, kematangan emosional, lingkungan keluarga, dan lingkungan kampus.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2025 07:04
Last Modified: 25 Mar 2025 07:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4743

Actions (login required)

View Item
View Item