Penggunaan CD Pembelajaran dan Teknik Menyimpulkan Pembelajaran dengan Mind Map untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN No. 04 Pasar Surantih Kecamatan Sutera

Mardianis, Mardianis (2011) Penggunaan CD Pembelajaran dan Teknik Menyimpulkan Pembelajaran dengan Mind Map untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN No. 04 Pasar Surantih Kecamatan Sutera. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MARDIANIS_51751_3080_2012.pdf] Text
B1_1_MARDIANIS_51751_3080_2012.pdf

Download (209kB)

Abstract

Hasil belajar IPA di kelas VI SD Negeri No. 04 Pasar Surantih Kecamatan
Sutera belum memuaskan. Dari pengalaman peneliti selama ini, siswa selalu
mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran dan mengingat kembali
tentang apa yang telah dipelajarinya. Hal ini disebabkan oleh kurang tepatnya media
yang digunakan serta teknik mencatat kesimpulan yang tidak sistematis. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa melalui
penggunaan CD Pembelajaran dan teknik menyimpulkan pembelajaran dengan mind
map dalam pokok bahasan : (1) Rotasi, revolusi bumi dan bulan. Dan (2) Gerhana
matahari dan bulan. Hipotesis dalam penelitian tindakan ini adalah, (1) Penggunaan
CD Pembelajaran dan teknik menyimpulkan pembelajaran dengan mind map dapat
meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri no. 04 Pasar
Surantih Kecamatan Sutera. Dan (2) Penggunaan CD Pembelajaran dan teknik
menyimpulkan pembelajaran dengan mind map dapat meningkatkan hasil belajar
IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri no. 04 Pasar Surantih Kecamatan Sutera.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research)
yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas
VI Sekolah Dasar Negeri No. 04 Pasar Surantih dengan jumlah 39 orang. Data dalam
penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan CD Pembelajaran dan
teknik menyimpulkan pembelajaran dengan mind map dapat meningkatkan aktivitas
belajar IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri no. 04 Pasar Surantih Kecamatan
Sutera. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar pada kategori baik di
akhir siklus yaitu 68,09% dan (2) Penggunaan CD Pembelajaran dan teknik
menyimpulkan pembelajaran dengan mind map dapat meningkatkan hasil belajar
IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri no. 04 Pasar Surantih Kecamatan Sutera.
Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada akhir
penelitian mencapai 7,1 dan persentase siswa mencapai KKM 78,95%. Dari analisis
dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran dengan Penggunaan CD
Pembelajaran dan teknik menyimpulkan pembelajaran dengan mind map dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri
No. 04 Pasar Surantih Kecamatan Sutera

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2025 05:01
Last Modified: 25 Mar 2025 05:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4682

Actions (login required)

View Item
View Item