Silalahi, Ruharti Cicilia (2012) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Padang (Studi Persepsi Siswa Kelas X SMAN 7 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RUHARTI_CICILIA_SILALAHI_84673_1708_2012.pdf [thumbnail of B1_1_RUHARTI_CICILIA_SILALAHI_84673_1708_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RUHARTI_CICILIA_SILALAHI_84673_1708_2012.pdf
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) Pengaruh lingkungankeluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang, (2)Pengaruh lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajarekonomi kelas X SMA Negeri 7 Padang. Hal ini ditinjau dari persepsi siswamengenai lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional yang mereka miliki.Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kausalitas. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang yang berjumlah 298 orang.Teknik penarikan sampel adalah sampling insidental dengan jumlah sampelsebanyak 171 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisisinduktif, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Model (uji F), Analisis Jalur, danUji Hipotesis menggunakan Uji t, dengan menggunakan program StatisticalProduct and Service Solution (SPSS).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lingkungan keluargaberpengaruh signifikan terhadap kecerdasan emosional, dengan tingkat sig < a(0.000 < 0.05). (2) lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional berpengaruhsignifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang,dengan tingkat signifikansi lingkungan keluarga = 0,04, kecerdasan emosional =0,000 < a= 0,05. (3) Lingkungan Keluarga melalui kecerdasan emosionalberpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa sebesar 0,0198.Berdasarkan hasil penelitian diatas, ada beberapa hal yang penulissarankan dalam penelitian ini, yaitu: disarankan kepada orang tua agar lebihmampu memberikan rasa nyaman kepada anak ketika berada dirumah dengantidak terlalu memanjakan anak, menjaga komunikasi dengan anak, menjagakeadaan rumah agar tetap bersih dan nyaman, serta melengkapi fasilitas belajaranak, dan memantau perkembangan belajar anak disekolah. Disarankan kepadaguru, hendaknya proses pembelajaran disekolah tidak hanya berorientasi padaranah kognitif, tetapi juga harus mengahasilkan perubahan tingkah laku
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KECERDASAN EMOSIONAL, HASIL BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:02 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4311 |