Asra, Abdul Aziz (2018) Pengembangan Sumber Belajar Geografi Berbasis Weblog pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XII di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_ABDUL_AZIZ_ASRA_1302039_2054_2018.pdf
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar Geografi berbasis weblog yang valid dan praktis untuk mata pelajaran geografi kelas XII SMA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang belum dimanfaatkan secara optimal dalam pembelajaran, selain itu sangat minimnya sumber belajar Geografi berbasis weblog yang dapat dipercayai keasliannya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ASSURE. Model ini dikembangkan dengan enam tahapan, yaitu Analyze Learners, State Objectives, Select Methods, Media, and Materials, Utilize materials, Requires learner’s participation, Evaluate and Revise. Untuk melihat apakah sumber belajar berbasis weblog valid, dan praktis, peneliti melakukan uji validitas dan praktikalitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar Geografi berbasis weblog pada materi pembelajaran Geografi kelas XII SMA sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Terbukti ahli perangkat pembelajaran menilai sangat valid dengan nilai akhir 87,03%. Ahli materi menilai sangat valid dengan nilai akhir 88,27%. Ahli media menilai sangat valid dengan nilai akhir 88,54%. Guru mata pelajaran geografi menilai sangat praktis dengan nilai akhir 99,10%. Siswa kelas XII IPS 1 SMA Pembangunan Laboratorium UNP menilai sangat praktis dengan nilai akhir 86,76%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR - WEBLOG |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 08:36 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/430 |