Pratiwi, Reno Warni (2011) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think–Pair–Share terhadap Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RENO_WARNI_PRATIWI_51540_3984_2012.pdf [thumbnail of B1_1_RENO_WARNI_PRATIWI_51540_3984_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RENO_WARNI_PRATIWI_51540_3984_2012.pdf
Download (271kB)
Abstract
Penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalampembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagariantara lain adalah karena metode mengajar yang masih terpusat pada guru. Salahsatu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalahdengan menggunakan pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apakah terdapatperbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan metodepembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dengan kemampuan pemecahanmasalah matematika siswa yang diajar secara konvensional? 2) Apakah terdapatperbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki dengan siswaperempuan? 3) Apakah terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengangender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa? 4)Bagaimanakah perilaku metakognitif siswa laki-laki dalam memecahkan masalahmatematika? 5) Bagaimanakah perilaku metakognitif siswa perempuan dalammemecahkan masalah matematika siswa? Penelitian ini dilaksanakan pada siswakelas VIII SMP N 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari tahun pelajaran 2010/2011.Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (Mixing Method).Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Quasi Exsperimen,sedangkan pendekatan kualitatif dilakukan dengan cara mengobservasi, danmewawancarai siswa untuk melihat perilaku metakognitif siswa dalammemecahkan masalah matematika.Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuanpemecahan masalah siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatifThink-Pair-Share dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional. 2)Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antarasiswa laki-laki dengan siswa perempuan 3) Tidak terdapat interaksi antara metodepembelajaran dengan gender terhadap kemampuan pemecahan masalahmatematika siswa. 4) Perilaku metakognitif siswa laki-laki dalam memecahkanmasalah terlihat sudah memiliki keyakinan sebelum memulai memecahkanmasalah, sudah mampu menyajikan informasi yang diperoleh dari soal, tetapibelum memiliki pengaturan diri yang baik dalam mengakses pemahaman masalah,sudah memiliki kesadaran diri yang baik dalam mengevaluasi penyelesaianmasalah. 5) Perilaku metakognitif siswa perempuan dalam pemecahan masalahmatematika terlihat sudah memiliki intuisi sebelum memulai memecahkanmasalah matematika, sudah mampu menyajikan informasi yang diperoleh darisoal, sudah mampu menjalankan rencana penyelesaian masalah, dan belummemiliki kemampuan berpikir untuk menarik kesimpulan dari penyelesaianmasalah, dan sudah memiliki pengaturan diri yang baik dalam mengaksespemahaman terhadap masalah, sudah memiliki kesadaran diri yang baik dalammengevaluasi penyelesaian masalah.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF, KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:36 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 03:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4280 |