Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Nilai-nilai Kewirausahaan di Taman Kanak-kanak

Muji, Anggarda Paramita (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Nilai-nilai Kewirausahaan di Taman Kanak-kanak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ANGGARDA_PARAMITA_MUJI_ 17330005 _2811_2020.pdf] Text
B1_1_ANGGARDA_PARAMITA_MUJI_ 17330005 _2811_2020.pdf

Download (612kB)

Abstract

Kurang efektifnya pembelajaran di Taman Kanak-kanak, tidak terkecuali
pembelajaran yang berkaitan dengan kewirausahaan karena belum tersedianya
perangkat pembelajaran berbasis nilai-nilai kewirausahaan di Taman Kanak
kanak. Tujuan penelitian untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Berbasis
Nilai-nilai kewirausahaan yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang
digunakan yaitu metode Penelitian dan Pengembangan dengan model ADDIE.
Subjek penelitian adalah pendidik dan peserta didik Taman Kanak-kanak Islam
Nibras Padang. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh
pendidik dan peserta didik. Instrumen pengumpul data berbentuk angket dan
lembar observasi. Teknik analisis data nonparametrik digunakan pada analisis
validitas
dan praktikalitas perangkat pembelajaran berbasis nilai-nilai
kewirausahaan dan deskriptif untuk mendeskripsikan keefektifan perangkat
pembelajaran berbasis nilai-nilai kewirausahaan. Hasil yang diperoleh yaitu, (1)
dihasilkan perangkat pembelajaran yang valid berbasis nilai-nilai kewirausahaan
dengan hasil validasi perangkat pembelajaran nilai Aiken’s V sebesar 0,92, konten
perangkat pembelajaran dengan nilai Aiken’s V sebesar 0,84, bahasa dengan nilai
Aiken’s V sebesar 0,92 dan nilai-nilai kewirausahaan dengan nilai Aiken’s V
sebesar 0,93, (2) dihasilkan perangkat pembelajaran yang praktis berbasis nilai
nilai kewirausahaan berdasarkan respon pendidik dengan Nilai Sig 0,487 > 0,05
maka H1 diterima, pada uji coba pertama dan Nilai Sig 0,256 > 0,05 maka H1
diterima, (3) dihasilkan perangkat pembelajaran yang efektif berbasis nilai-nilai
kewirausahaan, dimaknai dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan
uji coba pertama 68,13% kategori Berkembang Sesuai Harapan dan uji coba
kedua 79,30% kategori Berkembang Sangat Baik. Maka disimpulkan bahwa
perangkat pembelajaran berbasis nilai-nilai kewirausahaan ini valid, praktis dan
efektif untuk dapat dimanfaatkan di Taman Kanak-kanak.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 21 Mar 2025 02:47
Last Modified: 21 Mar 2025 02:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4245

Actions (login required)

View Item
View Item