Guswita, Reni (2015) Penerapan Strategi Know Want to Know Learned (KWL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas III di SD Negeri 12 Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RENI_GUSWITA_1204013_5699_2015.pdf [thumbnail of B1_1_RENI_GUSWITA_1204013_5699_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RENI_GUSWITA_1204013_5699_2015.pdf
Download (854kB)
Abstract
Pembelajaran tematik yang dilaksanakan oleh guru belum mampumeningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan tersebut diatasi denganpenerapan strategi Know Want to Know Learned (KWL). Tujuan penelitian iniadalah untuk mendeskripsikan penerapan Strategi KWL pada kegiatan awal,kegiatan inti, dan kegiatan akhir untuk meningkatkan hasil belajar tematik pesertadidik kelas III di SD Negeri 12 Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Rancangan penelitianini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiapsiklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, danrefleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III dengan jumlah pesertadidik 30 orang. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, catatanlapangan, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil temuan penelitian, penerapan strategi KWL pada pembelajarantematik dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasilbelajar peserta didik. Peningkatan aktivitas guru pada siklus I adalah 75% danpada Siklus II meningkat menjadi 88,75. Peningkatan aktivitas peserta didik padasiklus I adalah 65, dan mengalami peningkatan pada Siklus II menjadi 81,75. Padapada siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 68 berada pada kategoricukup dan mengalami peningkatan pada Siklus II meningkat menjadi 79 beradapada kategori sangat baik
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, BELAJAR TEMATIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 02:47 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 02:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4242 |