Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Berbasis Survey Question Read Recite Rite Review untuk Kelas IV Sekolah Dasar.

Refnita Z, Refnita Z (2015) Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Berbasis Survey Question Read Recite Rite Review untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_REFNITA_Z_1303927_5615_2015.pdf] Text
B1_1_REFNITA_Z_1303927_5615_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi peserta didik Sekolah Dasar dalampembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca adalah kurangnyapemahaman peserta didik terhadap isi teks bacaan. Hal ini disebabkan prosespembelajaran membaca yang berlangsung dalam kelas tidak melalui tahapanmembaca yaitu prabaca, saat baca, dan pasca baca. Namun kenyataanya, bahanajar yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan Kompetensi Dasar yangterdapat dalam kurikulum. Untuk itu, perlu dikembangkan bahan ajar membacayang dapat membantu peserta didik untuk memahami isi bacaan sesuai dengantahapan membaca. Pada penelitian ini dikembangkan bahan ajar keterampilanmembaca berbasis SQ4R yang diharapkan dapat mencapai sasaran tersebut.Tujuan yang yang hendak dicapai dari upaya pengembangan ini adalahmenghasilkan bahan ajar membaca berbasis SQ4R yang valid, praktis, dan efektif.Penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development).Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D terdiri daripendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), danpenyebaran (disseminate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melaluilembar validasi bahan ajar. Data kepraktisan dikumpul melalui lembar observasiketerlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, angket respon guru danpeserta didik. Keefektifan dilihat dari aktivitas dan hasil belajar peserta didik.Berdasarkan hasil uji validitas yang dilakukan menunjukkan bahan ajarketerampilan membaca yang dikembangkan memperoleh rata-rata 3,90 kategorivalid. Hasil observasi keterlaksanaan RPP memperoleh persentase 93% kategorisangat praktis. Angket respon guru memperoleh persentase 92% kategori sangatpraktis. Angket respon peserta didik memperoleh persentase 88, 72% kategorisangat praktis. Hasil penilaian keterampilan membaca berada pada kategori sangatbaik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahan ajar keterampilanmembaca berbasis survey question read recite rite review untuk kelas IV SekolahDasar yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, KETERAMPILAN MEMBACA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Mar 2025 07:50
Last Modified: 20 Mar 2025 07:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4217

Actions (login required)

View Item
View Item