Purnanda, Aan (2013) Pelaksanaan Fungsi Kelompok Kerja Guru (KKG) di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sungai Tarab. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_AAN_ PURNANDA_01065_5401_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya pelaksanaan
fungsi kelompok kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sungai Tarab.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan fungsi
kelompok kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sungai Tarab dilihat
dari 4 aspek wahana pengembangan profesional tenaga pendidik, wahana
penyelesaian atas berbagai masalah, wahana sumber belajar dan kerjasama para
anggota, dan wahana menemukan dan menjabarkan wawasan baru. Dengan
pertanyaan penelitian bagaimana pelaksanaan fungsi wahana peningkatan
profesional tenaga pendidik pada KKG, bagaimana pelaksanaan fungsi wahana
mencari penyelesaian atas berbagai masalah pada KKG, bagaimana pelaksanaan
fungsi wahana sumber belajar dan kerjasama para anggota pada KKG, bagaimana
pelaksanaan fungsi wahana menemukan dan menjabarkan gagasan baru pada
KKG.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh guru
Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sungai Tarab yang berjumlah 223 orang
dengan sampel berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel dengan metode
cluster random sampling. Alat pengumpulan data adalah angket model skala
Likert yang sudah diuji validitas dan realibilitasnya. Data hasil penelitian diolah
dengan menggunakan rumus rata-rata.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1). Pelaksanaan fungsi kelompok
kerja guru di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sungai Tarab dilihat dari aspek
wahana pengembangan profesional tenaga pendidik berada pada kategori baik
dengan skor rata-rata 4,53 (2) Pelaksanaan fungsi kelompok kerja guru di Sekolah
Dasar Negeri di Kecamatan Sungai Tarab dilihat dari aspek wahana penyelesaian
atas berbagai masalah berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,39 (3).
Pelaksanaan fungsi kelompok kerja guru di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan
Sungai Tarab dilihat dari aspek wahana sumber belajar dan kerjasama para
anggota berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,27. (4) Pelaksanaan
fungsi kelompok kerja guru di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sungai Tarab
dilihat dari aspek wahana menemukan dan menjabarkan gagasan baru berada pada
kategori baik dengan skor rata-rata 4,16. Secara umum Pelaksanaan fungsi
kelompok kerja guru di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sungai Tarab berada
pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,33.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pelaksanaan fungsi kelompok
kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sungai Tarab sudah terlaksana
dengan baik sehingga memberikan manfaat pada peningkatan kemampuan guru.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KELOMPOK KERJA GURU |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 08:19 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 08:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/413 |