Peningkatan Proses dan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik di Kelas I SD Negeri 002 Kuok, Kabupaten Kampar Riau

Arsilawita, Arsilawita (2014) Peningkatan Proses dan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik di Kelas I SD Negeri 002 Kuok, Kabupaten Kampar Riau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ARSILAWITA_1209144_5622_2014.pdf] Text
B1_1_ARSILAWITA_1209144_5622_2014.pdf

Download (355kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas I SD Negeri 002
Kuok Kabupaten Kampar Riau terlihat proses pembelajaran tematik terpadu
dengan pendekatan saintifik kurang terlaksana dengan baik, pendidik kurang
memfasilitasi peserta didik melakukan pengamatan, menanya, mengumpulkan
informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Pendidik melaksanakan proses
pembelajaran masih teacher centered belum student centered. Peserta didik hanya
mendapatkan pengetahuan dari apa yang didengar.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran
yang lebih bermakna bagi peserta didik dengan menggunakan pendekatan
saintifik. Langkah-langkah pendekatan saintifik yaitu: (1) mengamati, (2)
menanya, (3) mengumpulkan informasi, (4) mengolah informasi, dan (5)
mengkomunikasikan. Peserta didik menemukan sendiri pengetahuan yang lebih
kongkret. Bentuk penelitian yang digunakan PTK atau action reseaceh classroom
yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) pengamatan
(observing), dan (4) refleksi (reflecting). Data diperoleh dari hasil penelitian
lapangan berbentuk deskripsi.
Hasil penelitian dengan penggunaan pendekatan saintifik menunjukkan
peningkatan proses dan hasil pembelajaran siklus I dan siklus II. Proses
pembelajaran siklus I, peserta didik aktif dalam proses pembelajaran, begitu juga
pada siklus II peserta didik lebih aktif melakukan pengamatan, menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Hasil belajar
siklus I mengalami peningkatan pada siklus II.
Penggunaan pendekatan saintifik sangat efektif untuk meningkatkan proses
dan hasil pembelajaran baik dari sisi pendidik maupun peserta didik. Peningkatan
proses pembelajaran siklus I, peserta didik aktif mengikuti proses pembelajaran
dan siklus II peserta didik lebih aktif mengikuti proses pembelajaran. Hasil
pembelajaran siklus I, peserta didik menyelesaikan tugas dengan tanggung jawab,
percaya diri, kerja sama, disiplin, dan peduli lingkungan, siklus II terjadi
peningkatan peserta didik sudah membudaya tanggung jawab, percaya diri, kerja
sama, disiplin, dan peduli lingkungan menyelesaikan tugas dan prakarya.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 13 Mar 2025 03:23
Last Modified: 13 Mar 2025 03:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3717

Actions (login required)

View Item
View Item