Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 34 Seberang Palinggam Kecamatan Padang Selatan Kota Padang.

Chandra, Feni Yulia (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 34 Seberang Palinggam Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FENI_YULIA_CHANDRA_07550_2424_2011.pdf] Text
final_B1_FENI_YULIA_CHANDRA_07550_2424_2011.pdf

Download (168kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan penulis di SDN 34 SeberangPalinggam Padang, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) selama ini masihbersifat konvensional dan berpusat pada guru sehingga minat dan hasil belajarsiswa masih rendah. Untuk itu penulis melakukan penelitian ini untukmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alamdengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Pendekatan KeterampilanProses adalah pendekata yang memberikan kesempatan pada siswa agar dapatmenemukan fakta, membangun konsep-konsep melalui kegiatan atau pengalamanpengalaman sendiri, sehingga dapat meningkatkan kreatifitas dan minat belajarsiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, bentukpelaksanaan dan peningkatan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 34 SeberangPalingam melalui pendekatan Keterampilan Proses. Hasil belajar yang diambiladalah hasil belajar pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri atasempat tindakan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahaptindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 34 Seberang PalinggamKecamatan Padang Selatan Kota Padang. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan.Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan terdapat peningkatanhasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar aspek kognitif yaitu 62 % dan 72,2% dengan rata-rata 67,29 % berada pada kriteria belum tuntas secara klasikal.Selanjutnya pada siklus II pertemuan I dan II meningkat menjadi 74,2 % dan 80,8% dengan rata-rata 77,5 % berada pada kriteria tuntas. Hasil belajar aspek afektifpada siklus I termasuk kriteria cukup dengan persentase perolehan skor 71,7 %dan 73,35 % dengan nilai rata-rata siklus I 72,5 %. Kemudian dilakukan tindakanpada siklus II hasil belajar aspek afektif meningkat menjadi 80,75 % dan 81,15 %dengan rata-rata 80,95 % berada pada kriteria baik. Begitu juga dengan hasilbelajar psikomotor pada siklus I diperoleh persentase 73,35 % dan 75 % untukmasing-masing pertemuan dengan kriteria baik. Dan setelah diadakan tindakanpada siklus II meningkat menjadi 81,95 % dan 82,8 % dengan rata-rata 82,38 %berada pada criteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian yangmengunakan pendekatan keterampila proses ini dapat meningkatkan hasil belajarIlmu Pengetahuan (IPA) siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR IPA, KETERAMPILAN PROSES
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 26 Dec 2025 10:31
Last Modified: 26 Dec 2025 10:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34529

Actions (login required)

View Item
View Item