Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Membuat Sulaman Aplikasi pada Alas Meja Tamu melalui Strategi Cooperative Tipe Explicit Instruction Di SMPN 3 Kecamatan Harau.

Felsofriati, Felsofriati (2011) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Membuat Sulaman Aplikasi pada Alas Meja Tamu melalui Strategi Cooperative Tipe Explicit Instruction Di SMPN 3 Kecamatan Harau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FELSOFRIATI-51246-2012.pdf] Text
final_B1_FELSOFRIATI-51246-2012.pdf

Download (541kB)

Abstract

Meningkatkan aktivitas siswa dalam membuat sulaman aplikasi pada alasmeja tamu, guru harus punya keterampilan melaksanakan strategi yang tepat dalammenggunakan strategi pembelajaran. Aktivitas dalam penelitian ini dapat dilihat daritiga indikator yaitu: Visual activiteis, oral activites, dan emotional activities. Tujuanpenelitian adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa membuat sulaman aplikasipada alas meja tamu melalui strategi cooperative tipe explicit instruction dalamprogram pengembangan diri di SMPN 3 Kecamatan Harau.Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari II siklus.Subjek penelitian adalah siswa SMPN 3 Kecamatan Harau, yang berjumlah 20 orangsiswa dalam kelas pengembangan diri.Teknik pengumpulan data yang dilaksanakanObservasi dan teknik anlisis data kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada indikatorvisual activiteis dengan sub indikator memperhatikan dan mencoba membuatsulaman aplikasi pada alas meja tamu pada siklus I baik, setelah diadakan refleksipada siklus II meningkat menjadi baik sekali . Indikator Oral activiteis dalam bertanyapada siklus I baik, setelah diadakan refleksi pada siklus II sangat baik. Indikatoremotional semangat dan berani membuat sulaman aplikasi pada alas meja tamu,siklus I baik, setelah diadakan refleksi pada siklus II sangat baik. Jadi rata‐ratapersentase pada tiga indikator tersebut siklus I 64% dikategorikan baik dan siklus II82% baik sekali, bararti aktivitas belajar siswa sudah tercapai, dengan targetpencapaian yang sudah ditetapkan yaitu 80%. Jadi dengan strategi cooperative tipeexplicit instruction dalam proses pembelajaran dapat meningkat aktivitas belajarsiswa, dalam membuat sulaman aplikasi pada alas meja tamu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SULAMAN APLIKASI, ALAS MEJA TAMU
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 26 Dec 2025 17:02
Last Modified: 26 Dec 2025 17:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34508

Actions (login required)

View Item
View Item