Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kompetensi Belajar Biologi SMA Kelas X Pada Materi Ekosistem dan Pencemaran Lingkungan.

Imron, Muhamad (2017) Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kompetensi Belajar Biologi SMA Kelas X Pada Materi Ekosistem dan Pencemaran Lingkungan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_MUHAMMAD_IMRON_15177062_468_2018.pdf] Text
final_03_MUHAMMAD_IMRON_15177062_468_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas X SMAS Kurnia Jaya Pangkalan Nyirih menunjukan bahwa diskusi kelompok dalam proses pembelajaran yang diterapkan guru belum berjalan dengan baik sehingga tanggung jawab siswa dalam diskusi tidak merata dan kompetensi peserta didik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, yaitu model pembelajaran jigsaw dan think pair share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara model jigsaw dan think pair share (TPS) terhadap kompetensi belajar biologi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAS Kurnia Jaya Pangkalan Nyirih Tahun Pelajaran 2016/2017, Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik puposive sampling dan didapatkan kelas X1, sebagai kelas eksperimen I yang diberi perlakuan model jigsaw dan kelas X3, sebagai kelas eksperimen II yang diberi perlakuan model TPS. Instrumen yang digunakan berupa tes essay dan lembar observasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah uji-t dan uji Man Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan terhadap kompetensi hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan kelas yang mnggunakan model pembelajaran TPS. Perbedaan hanya terdapat pada ketuntasan klasikal. Nilai rata-rata kemampuan kompetensi ranah kognitif kelas yang menggunakan model pembelajaran jigsaw adalah 82,97 dengan persentase jumlah siswa yang tuntas adalah 85,18% dan persentase jumlah siswa yang belum tuntas adalah 14,81%. Kelas yang menggunakan model pembelajaran TPS rata-rata kemampuan kompetensi ranah kognitif adalah 79,95 dengan persentase jumlah siswa yang tuntas adalah 69,23% dan persentase jumlah siswa yang belum tuntas adalah 30,77%. Nilai afektif dan psikomotorik pada kedua kelas eksperimen ini berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 09:45
Last Modified: 22 Dec 2025 09:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34217

Actions (login required)

View Item
View Item