Rahmanita, Febri (2011) Pengaruh Bimbingan Orang Tua, Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_FEBRI_RAHMANITA_77691_2199_2011.pdf
Download (714kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1)Pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Kota Solok. (2)Pengaruhbimbingan orang tua dan motivasi belajar terhadap aktivitas belajar siswapada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Kota Solok.(3)Pengaruh bimbingan orang tua, motivasi belajar dan aktivitas belajarterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS diSMA Negeri 3 Kota Solok.Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kota Solok yang berjumlah158 orang. Teknik penarikan sampel dengan proportional cluster randomsampling dengan jumlah sampel sebanyak 62 orang. Teknik analisis data:analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu: uji normalitas, uji homogenitas,dan analisis jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yangsignifikan antara bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa padamata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kota Solok dengansignifikansi 0.000 < 0,05 (α = 0,05). (2) terdapat pengaruh yang signifikanantara bimbingan orang tua dan motivasi belajar terhadap aktivitas belajarsiswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kota Solokdengan taraf signifikansi 0,035 dan 000 < 0,05 (α = 0,05) (3) tidak terdapatpengaruh yang signifikan antara bimbingan orang tua terhadap hasil belajarsiswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kota Solokdengan taraf signifikansi 0,859 > 0,05 (α = 0,05), terdapat pengaruh yangsignifikan antara motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajarsiswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kota Solokdengan taraf signifikansi 0,012 dan 0,000 < 0,05 (α = 0,05) . Rata-rata hasilbelajar ekonomi siswa pada semester 1 tahun pelajaran 2010 - 2011 yaitu68,94 berada pada kriteria cukup.Berdasarkan hasil penelitian di atas kepada siswa disarankan agarmeningkatkan kemampuan komunikasinya terutama dalam bertanya,mengemukakan pendapat serta menjawab pertanyaan guru sertameningkatkan keinginan untuk belajar. Kepada guru disarankan agar mampumenciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar siswa menjaditermotivasi untuk belajar. Kepada orang tua siswa disarankan agar tidakterlalu memanjakan siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | ORANG TUO, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR, PELAJARAN EKONOMI |
| Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 14:19 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 14:20 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34180 |
