Pengaruh Cara Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 4 Padang

Anggresta, Vella (2012) Pengaruh Cara Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_VELLA_ANGGRESTA_02436_2938_2012.pdf] Text
final_B1_1_VELLA_ANGGRESTA_02436_2938_2012.pdf

Download (350kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cara belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil akuntansi siswa jurusan akuntansi SMK Negeri 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 4 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa Kelas I, II dan III Jurusan Akuntansi SMKN 4 Padang sebanyak 209 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 67 orang dengan metode proportional random sampling. Data primer penelitian dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada sampel/responden penelitian. Data sekunder berupa hasil belajar akuntansi siswa yang didapatkan dengan cara meminta langsung kepada guru yang mengajar akuntansi di kelas yang menjadi sampel penelitian. Data yang telah terkumpul tersebut lalu dianalisis secara statistik dengan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 15.0. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan cara belajar dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan sig sebesar 0,00, yang berarti lebih kecil dari α = 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan cara belajar terhadap hasil belajar dengan sig sebesar 0,043 < 0,05 dan thitung 2,068 > ttabel 1,668. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar dengan sig sebesar 0,012 < 0,05 dan thitung 2,587 > ttabel 1,668. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa cara belajar dan motivasi berprestasi merupakan dua faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Dengan demikian disarankan kepada siswa akuntansi SMKN 4 Padang untuk memberdayakan cara belajar yang baik dan mempertahankan prestasi yang telah diperoleh. i

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 15:58
Last Modified: 21 Dec 2025 15:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33772

Actions (login required)

View Item
View Item