Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Pada Mata Pelajaran Akuntansi Terhadap Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK N 1 Padang Panjang

Fauziah, Fauziah (2010) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Pada Mata Pelajaran Akuntansi Terhadap Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK N 1 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FAUZIAH_73687_1380_2010.pdf] Text
final_B1_FAUZIAH_73687_1380_2010.pdf

Download (129kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaranproblem posing tipe post solution posing. Pembelajaran ini diharapkan dapatmeningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas Xakuntansi 1 SMK N 1 Padang Panjang.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Actionresearch) dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe postsolution posing. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi 1 pada matapelajaran akuntansi di SMK N 1 Padang Panjang. Penelitian ini dilaksanakan padabulan April 2010, terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari 3 kalipertemuan. Data yang dikumpulkan berhubungan dengan aktivitas belajar baiksecara positif dan aktivitas negatif. Pengolahan data tentang aktivitas belajar siswamenggunakan lembaran observasi dengan teknik persentase.Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam modelpembelajaran problem posing tipe post solution posing pada aktivitas positif ratarata dapat dikategorikan aktivitas siswa cukup yakni 56.25% . Sementara untukaktivitas negatif pada kriteria aktivitas siswa kurang yakni 39.74%. Hasil belajaryang diperoleh siswa rata-rata 7.87 dengan jumlah siswa yang tuntas 19 dari 24orang siswa yang hadir. Pada siklus II telah terjadi perubahan baik dari aktivitasbelajar dan hasil belajar. Untuk aktivitas positif yang diamati dikategorikan padakategori aktivitas siswa baik yakni 73.53% dan untuk aktivitas negatif sudahberada pada kategori aktivitas siswa sangat kurang yakni 16.45%. Untuk hasilbelajar pada siklus II telah diperoleh rata-rata 8.77 dengan jumlah siswa yangtuntas 24 dari 24 orang siswa yang hadir.Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini antara lain : 1) Guru matapelajaran disarankan menggunakan model pembelajaran variatif salah satunyadengan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing. 2) Prosespembelajaran hendaknya berbasis pada aktivitas dimana menerapkan studentcentered dengan pengarahan dan monitoring dari guru mata pelajaran. 3) untuklebih meningkatkan minat serta motivasi siswa dalam belajar guru disarankanmemberikan penguatan (reinforcement) berupa perhatian, bonus nilai, reward,dll.4) Agar tujuan pembelajaran tercapai hendaknya tersedia fasilitas yang menunjangseperti referensi yang lengkap, penggunaan media dan suasana lingkungan yangnyaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS BELAJAR SISWA, MODEL PEMBELAJARAN, AKUNTANSI
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 07:33
Last Modified: 24 Dec 2025 07:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33750

Actions (login required)

View Item
View Item