Pelaksanaan Bimbingan Konseling Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di SMPN 23 Padang

Heriyani, Dhila (2019) Pelaksanaan Bimbingan Konseling Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di SMPN 23 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_DHILA_RIZKY_HERIYANI_1200325_585_2019.pdf] Text
final_B1_02_DHILA_RIZKY_HERIYANI_1200325_585_2019.pdf

Download (828kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah Inklusif SMPN 23 Padang. Sekolah ini merupakan sekolah percontohan bagi sekolah inklusif lainnya. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti pelaksanaan bimbingan dan konseling untuk anak berkebutuhan khusus disekolah tersebut, apakah bimbingan dan konseling disekolah tersebut terlaksana dengan baik atau malah sebaliknya dikeranakan adanya guru pembimbing khusus disekolah tersebut. Metode penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang difokuskan kepada Pelaksanan, permasalahan, dan usaha yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus. Subjek penelitian adalah seluruh warga sekolah.Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun hasil penelitian yaitu pelaksanaan bimbingan dan konseling untuk anak berkebutuhan khusus tidak berjalan sebagaimana mestinya,dikarenakan disekolah tersebut sudah ada guru pembimbing khusus. Dengan adanya guru pembimbing khusus,anak berkebutuhan khusus yang mengalami masalah langsung diberikan pengarahan kepada guru pembimbing khusus tidak langsung ke guru bimbingan dan konseling. Adapun pelayanan yang diberikan oleh guru bimbingan konseling untuk anak berkebutuhan khusus sama dengananaknormallainnya tanpa ada pelayanan khusus.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 16:08
Last Modified: 21 Dec 2025 16:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33673

Actions (login required)

View Item
View Item