Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatmen Interaction) dengan Metode Latihan terhadap Hasil Belajar Stenografi Siswa Kelas X AP SMK N 1 Lubuk Sikaping dan Kelas X AP SMK N 2 Pariaman.

Auliya, Fauzan (2013) Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatmen Interaction) dengan Metode Latihan terhadap Hasil Belajar Stenografi Siswa Kelas X AP SMK N 1 Lubuk Sikaping dan Kelas X AP SMK N 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FAUZAN_AULIYA_05651_710_2014.pdf] Text
final_B1_FAUZAN_AULIYA_05651_710_2014.pdf

Download (688kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasilbelajar siswa antara penerapaan model pembelajaran ATI (Aptitude TreatmenInteraction) dengan metode latihan pada mata pelajaran stenografi di SMK N 1Lubuk Sikaping dan SMK N 2 Pariaman.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Kelas eksperimenmenggunakan penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude TreatmenInteraction) dan kelas kontrol menggunakan metode latihan. Kelas eksperimendilakukan di SMK N 1 Lubuk Sikaping dan kelas kontrol dilakukan di SMK N 2Pariaman. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK N 1Lubuk Sikaping dan SMK N 2 Pariaman. Teknik pengambilan sampel adalahpurposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu tes awal(prasyarat) dan tes akhir (hasil belajar), kemudian data dianalisis denganmenggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaanhasil belajar siswa yang signifikan anatara penerapan model ATI (AptitudeTreatmen Interaction) dengan metode latihan pada mata pelajaran stenografisiswa kelas X AP SMK N 1 Lubuk Sikaping dan SMK N 2 Pariaman. Nilai ratarata kelas eksperimen adalah 9,05 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 7,32.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disarankan kepada guruAdministrasi Perkantoran khususnya pada mata pelajaran stenografi agar dapatmenerapkan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatmen Interaction) sebagaisalah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar stenografi. Modelpembelajaran ATI yang peneliti lakukan masih belum sesuai dengan langkahlangkah yang telah ditetapkan dalam teori.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR STENOGRAFI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 02:07
Last Modified: 24 Dec 2025 02:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33599

Actions (login required)

View Item
View Item