Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kemampuan Komunikasi dan Hubungan Interpersonal Guru terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Solok.

Adelinka, Wina (2013) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kemampuan Komunikasi dan Hubungan Interpersonal Guru terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WINA_ADELINKA_88643_2994_2013.pdf] Text
final_B1_1_WINA_ADELINKA_88643_2994_2013.pdf

Download (533kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi guru terhadap hubungan interpersonal guru akuntansi SMK Negeri 1 Solok, (2) Pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi dan hubungan interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Solok, (3) Pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi dan hubungna interpersonal guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Solok. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif Asosiatif. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Solok. Teknik penarikan sampel adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan dilanjutkan dengan analisis inferensial, analisis jalur (Path analisis), serta uji hipotesis dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi guru berpengaruh signifikan terhadap hubungan interpersonal guru, (2) kemampuan komunikasi dan hubungan interpersonal guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, (3) kemampuan komunikasi dan hubungan interpersonal guru dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru mata pelajaran akuntansi SMKN 1 Solok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan hubungan interpersonal, agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yang lebih baik lagi, dan untuk para siswa diharapkan untuk meningkatkan motivasi belajar agar memperoleh hasil belajar yang optimal. Bagi penelitian selanjutnya, hendaknya memperbanyak jumlah sampel dan menambahkan variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi, Hubungan Interpersonal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 16 Dec 2025 08:12
Last Modified: 16 Dec 2025 08:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32752

Actions (login required)

View Item
View Item