Komparasi Hasil Belajar IPS Geografi yang Menggunakan Postes TTS Dengan ESSAY pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas VIII SMPN 26 Padang.

Gusman, Willa Andika (2015) Komparasi Hasil Belajar IPS Geografi yang Menggunakan Postes TTS Dengan ESSAY pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas VIII SMPN 26 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WILLA_ANDIKA_GUSMAN_55145_3954_2015.pdf] Text
final_B1_1_WILLA_ANDIKA_GUSMAN_55145_3954_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan postes TTS dengan siswa yang diberikan postes Essay pada model pembelajaran Kooperatif tipe STAD di SMPN 26 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 26 Padang yang berjumlah 242 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah the randomized posttest only control group designe. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random (R). Grup pertama diberi perlakuan (X) dijadikan kelas experiment dan grup yang lain tidak diberi perlakuan dijadikan kelas kontrol. Maka terpilih kelas VIII-6 dengan jumlah siswa 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 dengan jumlah 31 orang sebagai kelas kontrol sehingga diperoleh sampel sebanyak 62 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster sampling yaitu teknik pengumpulan sampel dengan mengambil sampel kelompok-kelompok tertentu yang memiliki ciri-ciri tertentu. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu hasil tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar tes akhir sebesar 71,67 untuk kelas Eksprimen dan 59,83 untuk kelas Kontrol. Berdasarkan perhitungan uji t dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 4,87 dan ttabel =1,67 sehingga thit > ttabel, maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap Hasil Belajar IPS Geografi yang menggunakan postes TTS dengan ESSAY pada pembelajaran Kooperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, TTS, Essay, Pembelajaran Kooperatif STAD.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 16 Dec 2025 01:11
Last Modified: 16 Dec 2025 01:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32705

Actions (login required)

View Item
View Item