Pengaruh Persepsi Siswa tentang Profesi Guru dan Prestasi Belajar terhadap Minat menjadi Guru Siswa RSBI: Studi pada Negeri 3 Bukittinggi

Sari, Dhanti Arnua (2012) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Profesi Guru dan Prestasi Belajar terhadap Minat menjadi Guru Siswa RSBI: Studi pada Negeri 3 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DHANTI_ARNUASARI_88932_1212_2014.pdf] Text
final_B1_DHANTI_ARNUASARI_88932_1212_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh persepsi siswatentang profesi guru terhadap minat menjadi guru, (2) Pengaruh prestasi belajarterhadap minat menjadi guru.Jenis penelitian ini adalahdeskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa SMA Negeri 3 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013 yangberjumlah 659 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportionalrandom samplingdengan jumlah sampel 87 orang. Teknik analisis data yangdigunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk mengujihipotesis digunakan Uji F dan Uji t.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yangsignifikan antara persepsi siswa tentang profesi guruterhadap minat menjadi gurusiswa SMA Negeri 3 Bukittinggidengan nilai sig.0,004 < α = 0,05yangmembuktikan bahwa hipotesis diterima, (2) terdapat pengaruh yang signifikanantara prestasi belajar terhadap minat menjadi gurusiswa SMA Negeri 3Bukittinggidengan nilai sig.0,012 < α = 0,05yang membuktikan bahwa hipotesisditerima.Berdasarkan hasil penelitian diatas, untuk meningkatkan minat menjadiguru siswa SMA Negeri 3 Bukittinggi diharapkan kepada siswa untuk mempunyaipandangan yang positif tentang profesi guru agar keinginan siswa untuk menjadiguru dapat meningkat. Dan juga dengan prestasi belajar yang dimiliki siswa yangtinggi dapat membuat siswa memilih profesi guru sebagai pekerjaannya di masadepan agar dapat menjadi guru yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GURU, PRESTASI BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 12 Dec 2025 03:00
Last Modified: 12 Dec 2025 03:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32465

Actions (login required)

View Item
View Item