Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi Siswa Kelas X SMK YPM ZAIN Pauh Kambar

Sofia, Zesmi (2012) Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi Siswa Kelas X SMK YPM ZAIN Pauh Kambar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_ZESMI_SOVIA_77608_6079_2012.pdf] Text
final_B1_1_ZESMI_SOVIA_77608_6079_2012.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar dasar-dasar akuntansi siswa kelas X SMK YPM ZAIN Pauh Kambar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X semester I yang berjumlah 120 orang. Untuk menentukan ukuran sampel digunakan rumus Slovin, sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan secara Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sebelum digunakan untuk memperoleh data, angket diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan Uji T. Hasil penelitian ini pada tingkat kepercayaan 95% menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap motivasi belajar dasar-dasar akuntansi siswa kelas X SMK YPM ZAIN Pauh kambar, terlihat dari sig 0,000 < α 0,05 atau t hitung = 7,531 > t tabel = 1,675 yang membuktikan bahwa hipotesis kerja diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan agar sekolah menyediakan sarana dan prasarana sekolah yang lengkap, terutama ketersediaan buku penunjang di sekolah, sehingga siswa belajar lebih efektif dan mendapatkan sumber bahan ajar dan tidak hanya terfokus pada materi yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar; Motivasi Belajar; Dasar-Dasar Akuntansi
Subjects: A Accountant
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 03:32
Last Modified: 11 Dec 2025 03:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32188

Actions (login required)

View Item
View Item