Pengaruh Komunikasi Interpersonal dengan Dosen, Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang

Bahri, Vivi Yulia (2015) Pengaruh Komunikasi Interpersonal dengan Dosen, Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_VIVI_YULIA_BAHRI_1103282_1870_2015.pdf] Text
final_B1_1_VIVI_YULIA_BAHRI_1103282_1870_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauhmana (1) Pengaruh Minat Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. (2) Pengaruh Komunikasi Interpersonal dengan Dosen, Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi tahun masuk 2011-2013 yang terdaftar pada semester Juni-Desember 2013 yang berjumlah 278 orang. Teknik penarikan sampel adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Teknik analisis data adalah Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik: Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, Uji Model, Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan tingkat signifikan 0,006 < α = 0,05 dan thitung = 2,841 dan koefisien jalur 0,164,(2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan dosen , minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi universitas negeri padang dengan tingkat signifikan komunikasi interpersonal dengan dosen 0,025 < α = 0,05 dan thitung = 2,284 dan koefisien jalur 0,261, minat belajar 0.030< α = 0,05 dan thitung = 2.222 dan koefisien jalur 0.232, dan motivasi belajar 0.024< α = 0,05 dan thitung = 2.299 dan koefisien jalur 0.260. Besarnya pengaruh Komunikasi Interpersonal dengan Dosen, Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang sebesar 30.9%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada mahasiswa untuk dapat meningkatkan komunikasi interpersonal dengan dosen, dengan terbuka menyampaikan kesulitan yang dihadapi kepada dosen, dan meningkatkan minat belajar dengan mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen dan berkonsentrasi penuh dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal dengan Dosen, Minat, Motivasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:10
Last Modified: 04 Dec 2025 02:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31724

Actions (login required)

View Item
View Item