Andari, Devni Sri (2010) Pengaruh Konsep Diri dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DEVNI_SRI_ANDARI_77609_1645_2011.pdf
Download (393kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh konsep diriterhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 3 Pariaman. (2)Pengaruh minat belajar ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XIIPS SMA N 3 Pariaman. (3) Pengaruh konsep diri dan minat belajar ekonomiterhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 3 Pariaman.Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 3 Pariaman yang berjumlah 218 orang.Teknik penarikan sampel dengan proportional cluster sampling dengan jumlahsampel sebanyak 69 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisisinferensial, yaitu: uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yangsignifikan antara pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelasXI IPS SMA N 3 Pariaman (sig 0,004 < 0,05) dengan tingkat pengaruh sebesar0,325 dan rerata variabel konsep diri siswa (X1) sebesar 3,46 serta TCR 69,28%yang membuktikan bahwa hipotesis diterima (2) terdapat pengaruh yangsignifikan antara minat belajar ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi siswakelas XI IPS SMA N 3 Pariaman (sig 0,008 < α = 0,05) dengan tingkat pengaruhsebesar 0,265 dan rerata variabel minat belajar ekonomi (X2) sebesar 3,46 sertaTCR 69,28% yang membuktikan bahwa hipotesis diterima. (3) terdapat pengaruhyang signifikan antara konsep diri dan minat belajar ekonomi terhadap hasilbelajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 3 Pariaman (sig 0,000 < 0,05) dengantingkat sumbangan bersama-sama sebesar 48,0% Rata-rata hasil belajar ekonomiSiswa Kelas XI IPS SMA N 3 Pariaman adalah 70 dengan koefisien variasisebesar 12,64%.Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada guru ekonomiuntuk lebih memperhatikan konsep diri siswa dalam proses pembelajaran,sehingga siswa akan lebih bersemangat dalam belajar yang akan mempengaruhiminat belajar ekonomi siswa, serta akan berpengaruh terhadap hasil belajarekonomi. Serta kepada siswa agar meningkatkan minat belajar ekonomi dirinyamelalui keikutsertaan siswa dalam setiap kegiatan proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | KONSEP DIRI, MINAT BELAJAR, HASIL BELAJAR EKONOMI |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:32 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:32 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31671 |
