Pengaruh Literasi Media Digital dan Student Engagement terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Masa Pandemi Kelas X IPS di MAN 2 Kota Padang

Khairunnisa, Vina (2022) Pengaruh Literasi Media Digital dan Student Engagement terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Masa Pandemi Kelas X IPS di MAN 2 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_VINA_KHAIRUNNISA_18053142_7656_2022.pdf] Text
final_B1_1_VINA_KHAIRUNNISA_18053142_7656_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Literasi Media Digital Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Masa Pandemi Kelas X IPS di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang, Pengaruh Student Engagement Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Masa Pandemi Kelas X IPS di MAN 2 Kota Padang dan Pengaruh Literasi Media dan Student Engagement Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Masa Pandemi Kelas X IPS di MAN 2 Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di MAN 2 Kota Padang sebanyak 174 siswa. Sampel dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan rumus Slovin, sedangkan Teknik dengan pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 121 orang. Untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis data melalui uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) literasi media digital tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (2) student engagement berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (3) literasi media digital dan student engagement berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada siswa agar meningkatkan literasi media digital untuk menambah wawasan ilmu pengetahuannya dan meningkatkan student engagement seperti belajar secara teratur, konsentrasi dalam belajar, kontribusi di kelas maupun sekolah serta mengerjakan tugas tepat waktu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Media Digital, Student Engagement, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 04:15
Last Modified: 09 Dec 2025 04:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31668

Actions (login required)

View Item
View Item