Sinendi, Sinendi (2012) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Singingi, Propinsi Riau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_SINENDI_84674_2842_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kuantan Mudik (2) Pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kuantan Mudik (3) Pengaruh perhatian orang tua dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kuantan Mudik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan Asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, kelas XI IPS dan kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kuantan Mudik sebanyak 312 orang siswa. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner , sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian ini terdapat bahwa: 1. Perhatian orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Kuantan Mudik dengan thitung 2,042 > ttabel 1,984 dan level sig 0,044 < a = 0,05. 2. Kesiapan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Kuantan Mudik dengan thitung 2,938 > ttabel 1,985 dan level sig 0,004 < a = 0,05. 3. Perhatian orang tua dan kesiapan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Kuantan Mudik (nilai Fhitung = 7,126 > Ftabel = 3,09 dengan df = 97). Berdasarkan hasil penelitian di atas, disaran kepada siswa agar lebih meningkatkan kesiapan belajarnya dalam mengikuti pembelajaran, dengan memperhatikan kesiapan fisik, kesiapan psikis dan persiapan belajar supaya hasil belajar yang diperoleh siswa akan lebih baik dari biasanya. Kepada orang tua siswa agar lebih meningkatkan perhatian kepada anaknya di rumah, dengan cara mendampingi anak saat belajar dengan demikian anak akan lebih fokus dalam belajar di rumah Dan kepada peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar ekonomi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Perhatian Orang Tua, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar Siswa |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 04:07 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 04:08 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31656 |
