Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa antara Strategi Pembelajaran Aktif Metode Rotating Trio Exchange dengan Metode Pembelajaran Konvensional di SMAN I X Koto Singkarak.

Anggraini, Devi (2010) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa antara Strategi Pembelajaran Aktif Metode Rotating Trio Exchange dengan Metode Pembelajaran Konvensional di SMAN I X Koto Singkarak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DEVI_ANGGRAINI_65158_2017_2010.pdf] Text
final_B1_DEVI_ANGGRAINI_65158_2017_2010.pdf

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarekonomi antara siswa yang belajar dengan metode Rotating Trio Exchangedengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMAN I XKoto Singakarak. Penelitian ini dilaksanakan pada pelajaran ekonomi siswakelas X SMAN I X Koto Singkarak.Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasidalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN I X Koto Singkarak. Kelassampel dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbanganpertimbangan tertentu, sehingga diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas X7sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas control. Data diperolehdari hasil posttest yang diberikan di akhir penelitian. Sebelum tes diberikanterlebih diberikan terlebih dahulu soal tes di uji cobakan, kemudian hasil ujicoba di analisis valisitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembedasoal tersebut. Selanjutnya untuk menguji perbedaan rata-rata hasil belajarkedua sampel digunakan uji Z dengan α=0,05.Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelaseksperimen 79,20 dengan standar deviasi 7,36. Sedangkan untuk kelas controlnilai rata-rata posttest diperoleh dengan rata-rata 69,03 dan standar deviasi7,116. Dari hasil uji hipotesis diperoleh Zhit 5,49 dan Ztab 1,96 berarti Zhit ≥Ztab sehingga hipotesis alternative (Ha) dapat diterima. Artinya terdapatperbedaan yang signifikan atau nyata hasil belajar ekonomi siswamenggunakan Strategi Rotating Trio Exchange dengan model pembelajarankonvensional. Dalam hal ini perbedaan tersebut diyakini sebagai pengaruhyang diberikan pada kelas eksperimen (X7) berupa proses pembelajarandengan model pembelajaran aktif metode Rotating Trio Exchange.Akhirnya, untuk dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa,disarankan kepada guru dapat mempertimbangkan untuk menggunakan modelpembelajaran aktif metode Rotating Trio Exchange dalam prosespembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR EKONOMI, PEMBELAJARAN AKTIF
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2025 01:54
Last Modified: 03 Dec 2025 01:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31113

Actions (login required)

View Item
View Item