Pengaruh Penguatan (Reinforcement) dari Guru dan Sikap Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 2 Sungai Limau di Kabupaten Padang Pariaman.

Adriani, Devi (2011) Pengaruh Penguatan (Reinforcement) dari Guru dan Sikap Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 2 Sungai Limau di Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DEVI_ADRIANI_08064_2007_2011.pdf] Text
final_B1_DEVI_ADRIANI_08064_2007_2011.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauhmana (1)pengaruh penguatan dari guru terhadap hasil belajar siswa Jurusan IPS di SMANegeri 2 Sungai Limau, (2) pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar siswaJurusan IPS di SMA Negeri 2 Sungai Limau (3) pengaruh penguatan dari guruterhadap hasil belajar siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 2 Sungai Limau melaluisikap belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang berbentuk korelasional. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 2 SungaiLimau yang berjumlah 68 orang. Teknik penarikan sampel adalah Teknik AreaSampling atau Cluster Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 59 orang. Teknikanalisis data adalah analisis deskriptif, Analisis Induktif: Uji Normalitas, AnalisisJalur, dan Uji hipotesis dengan menggunakan Uji t dan Uji F.Hasil penelitian menunjukan bahwa penguatan dari guru berpengaruhsignifikan positif terhadap hasil belajar Akuntansi. Artinya semakin baik penguatandari guru maka akan semakin baik hasil belajar Akuntansi siswa. Penguatan jugaberpengaruh positif terhadap hasil belajar melalui sikap belajar siswa. Sikap belajarberpengaruh positif terhadap hasil belajar.Berdasarkan hasil penelitiandi atas, disaran kepada guru untuk lebihmeningkatkan keterampilan dasar memberikan penguatan kepada siswa sehinggadapat meningkatkan sikap belajar siswa. Kepada siswa agar mendapatkan hasilbelajar yang optimal. Dan kepada peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lainyang dapat mempengaruhi hasil belajar akuntansi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SIKAP BELAJAR SISWA, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2025 01:47
Last Modified: 03 Dec 2025 01:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31080

Actions (login required)

View Item
View Item