Yatimah, Yatimah (2010) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Media Video Compact Disc (VCD) di Kelas Tiga Sekolah Dasar Negeri 007 Sukamaju Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_YATIMAH_93214_6239_2012.pdf
Download (322kB)
Abstract
Motivasi dan hasil belajar siswa merupakan masalah yang erat hubungannya dengan kesuksesan siswa dalam belajar. Motivasi siswa dalam proses pembelajaran di kelas masih rendah. Hasil belajar siswa rendah, jika dilihat dari perolehan nilai akhir semester setiap tahunnya. Salah satu usaha yang dilakukan guru dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan media VCD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Tujuannya adalah membimbing para siswa melihat makna dalam materi akademik secara berkelompok dan menyelesaikan tugas-tugas secara berkelompok. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peneliti bertindak langsung sebagai peneliti internal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas tiga sekolah dasar negeri 007 Sukamaju Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Penelitian terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengamati perlakuan dan hasil tindakan adalah lembaran observasi motivasi belajar siswa, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media VCD dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas tiga Sekolah Dasar negeri 007 Sukamaju Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Hal ini terlihat pada peningkatan motivasi dan hasil belajar baik secara klasikal maupun individual. Hal ini disebabkan karena motivasi belajar siswa telah ada pada siswa karena model pembelajaran ini menekankan bahwa belajar tidak hanya sekedar menghafal tetapi mengkonstruksikan atau membangun pengetahuan dan keterampilan baru lewat fakta-fakta atau proposisi yang mereka alami dalam kehidupannya. Secara umum dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media VCD dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dapat membantu siswa untuk mengembangkan segala kemampuan yang dimilikinya sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Dampaknya akan terlihat pada penguasaan materi dan akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Yatimah, 2010, Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan MediaVideo Compact Disc (VCD) di Kelas Tiga Sekolah Dasar Negeri 007 Sukamaju Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 01:29 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 01:29 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31069 |
