Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Diiringi Kuis dalam Penerapan Strategi Genius Learning terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas VIII SMPN 4 Sawahlunto.

Inooshi, Deva Delya (2010) Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Diiringi Kuis dalam Penerapan Strategi Genius Learning terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas VIII SMPN 4 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DEV_DELYA_INOOSHI_65097_2010.pdf] Text
final_B1_DEV_DELYA_INOOSHI_65097_2010.pdf

Download (193kB)

Abstract

Metode simulasi diiringi kuis dalam penerapan strategi genius learningmerupakan suatu rangkaian pendekatan praktis dalam upaya meningkatkan hasildari proses pembelajaran yang membantu guru dalam mengajar, yang sangatberpengaruh terhadap perkembangan kreatifitas dan berfikir siswa serta membuatsiswa aktif dalam belajar. Penggunaan metode simulasi diiringi kuis dalampenerapan strategi genius learning membuat siswa dapat merasakan langsungbagaimana keadaan yang sebenarnya yang tidak memungkinkan siswa langsungterjun kelapangan, yang nantinya memberikan gambaran umum tentang materipelajaran yang akan dipelajari siswa yang mencerminkan suatu konsep mengenaipelajaran yang akan dipelajari. Kuis yang diberikan kepada siswa, bisa membuatsiswa semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh penggunaan metode simulasi diiringi kuis dalam penerapan strategigenius learning terhadap hasil belajar ekonomi kelas VIII SMP Negeri 4Sawahlunto.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Sawahlunto, danyang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII1 SMPN 4 Sawahlunto, siswa kelasVIII3 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari hasil tes formatif mengenai pokokbahasan “Koperasi”. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif daninferensial, yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen73,40 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol 66,10, sedangkan t-tes menunjukkanbahwa thitung 2,5309 dan ttabel 2,02 pada α 0,05 jadi thitung lebih besar dari ttabelberarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar ekonomi siswa yangdiajarkan dengan menggunakan metode simulasi diiringi kuis dalam penerapanstrategi genius learning. Dengan kata lain terdapat pengaruh yang berartipenggunaan metode simulasi diiringi kuis dalam penerapan strategi geniuslearning dalam pembelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi diiringikuis dalam penerapan strategi genius learning dapat meningkatan hasil belajarsiswa.Untuk lebih menyempurnakan penelitian ini disarankan kepada penelitiselanjutnya agar dalam pembelajaran metode simulasi diiringi kuis dalampenerapan strategi genius learning dilengkapi dengan konsep yang lebih banyakdan persiapan yang lebih matang lagi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE SIMULASI, HASIL BELAJAR EKONOMI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2025 04:33
Last Modified: 02 Dec 2025 04:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30946

Actions (login required)

View Item
View Item