Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square yang Dilanjutkan Kuis dengan Ceramah dan Tanya jawab Pada SMA N I 2X11 Kayu Tanam dan SMA N I 2X11 Enam Lingkung

Hastuti, Yuli (2012) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square yang Dilanjutkan Kuis dengan Ceramah dan Tanya jawab Pada SMA N I 2X11 Kayu Tanam dan SMA N I 2X11 Enam Lingkung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YULI_HASTUTI_84743_1668-2012.pdf] Text
final_B1_1_YULI_HASTUTI_84743_1668-2012.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe think pair square dengan ceramah dan Tanya jawab. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N I 2X11 Kayu Tanam dan SMA N I 2X11 Enam Lingkung pada siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian “ Two Group Pretest-Posttest Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA N I 2X11 Kayu Tanam dan SMA N I 2X11 Enam Lingkung yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Kedua sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mendapatkan data dan informasi dalam penelitian ini, penulis melakukan eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran pada kedua kelas sampel tersebut. Jenis data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis induktif yang dilakukan melalui uji Z dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan homogenitas terhadap varians kedua kelas sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksprimen 78,24 dan kelas kontrol 69,88. Dari hasil uji hipotesis diperoleh Zhitung 2,88 dan Ztab 1,96 dengan α 0,05. Jadi Zhitung > Ztab maka H0 ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Ekonomi siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe think pair square dengan ceramah dan Tanya jawab. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Ekonomi siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe think pair square lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan ceramah dan Tanya jawab. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru-guru khususnya guru mata pelajaran ekonomi untuk dapat mempertimbangkan dan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe think pair square dan ceramah Tanya jawab khususnya pada kompetensi dasar “mendeskripsikan teori perilaku konsumen dan produsen dan mendeskripsikan circulair flow diagram”, dan siswa diharapkan memiliki buku-buku sumber agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Pembelajaran Kooperatif tipe think pair square
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 02 Dec 2025 01:47
Last Modified: 02 Dec 2025 01:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30879

Actions (login required)

View Item
View Item