Pengaruh Disiplin Belajar dan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Tilatang Kamang.

Dewi, Yul (2012) Pengaruh Disiplin Belajar dan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Tilatang Kamang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_Yul_Dewi_88608_5491_2012.pdf] Text
final_B1_1_Yul_Dewi_88608_5491_2012.pdf

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh disiplin belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Tilatang Kamang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X, XI IPS dan XII IPS di SMA Negeri 1 Tilatang Kamang dan SMA Negeri 2 Tilatang Kamang yang berjumlah sebanyak 607 orang. Teknik penarikan sampel adalah proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 86 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sebelum digunakan untuk memperoleh data, angket diuji validitas dan relibialitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan Uji t dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Disiplin Belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Tilatang Kamang, terlihat dari sig 0,000 < α 0,05 atau t hitung = 6,588 > t tabel = 1,989, (2) Fasilitas Belajar di Rumah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Tilatang Kamang, terlihat dari sig 0,035 < α 0,05 atau t hitung = 2,138 > t tabel = 1,989, (3) Disiplin Belajar dan Fasilitas Belajar di rumah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi SMA Negeri Se-Kecamatan Tilatang Kamang, terlihat dari sig 0,00 < α 0,05. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada siswa agar lebih meningkatkan disiplin belajar dan memanfaatkan fasilitas belajar di rumah yang dimilikinya dalam upaya untuk lebih memaksimalkan lagi hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Tilatang Kamang dan SMA Negeri 2 Tilatang Kamang. Dan kepada peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Disiplin Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 02 Dec 2025 01:41
Last Modified: 02 Dec 2025 01:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30854

Actions (login required)

View Item
View Item